Hal Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Service Kompor

Para ibu rumah tangga pasti sudah tidak asing dengan kompor gas dan sejuta permasalahannya. Namun bagi mereka yang masih awam pasti akan panic jika ada masalah pada kompor ketika sedang memasak. Bahkan langsung memanggil jasa service kompor untuk segera memperbaikinya. Biasanya masalah yang sering timbul adalah api yang tidak mau menyala, bau gas ataupun api yang merah. Nah bagi anda yang masih awam dengan permasalahan permasalahan tersebut bisa membaca artikel ini, setiaknya sedikit lebih tahu dari sebelumnya.

Terkait api yang menyala kecil tentu mengganggu ketika sedang memasa karena membuat masakan jadi lama matang. Sehingga butuh waktu lebih ketika memasak dengan api yang kecil. Ada beberapa penyebabnya, diantaranya seperti ada yang menyumbat pada pemantik ataupun pembakar,selangnya tersumbat, banyak kerak yang menempel atau karena tungku kompor yang bergerak. untuk solusinya anda bisa melakukan hal hal sebagai berikut :

1. Pertama anda perlu mengecek tabung gas. Bisa jadi karena gas nya mau habis, sehingga tekanannya kecil dan membuat api yang menyala kecil.
2. Namun ketika gas baru beli dan api masih kecil, anda perlu melakukan pengecekan pada sparepart kompor gas. Pastikan jika ada yang sudah tidak layak digunakan untuk segela menggantinya.
3. Selain kedua hal tersebut anda juga bisa melihat apakah komponen kompor gas bersih atau tidak. Jika banyak kerak yang menempel pada pembakar, tungku atau saluran pemantik maka anda harus membersihkannya. Karena kerak tersebutlah yang menghambat keluarnya api.

Ketiga langkah tadi bisa anda lakukan jika masalah yang anda alami adalah api menyala kecil. Ketika sudah kembali normal, untuk mencegahnya kembali terjadi adalah dengan rutin membersihkannya, sehingga kerak kerak bekas memasak tidak menumpuk pada komponen kompor gas.
Kemudian terkait dengan warna api yang masalah kadang juga menjadi kekhawatiran. Banyak penyebab warna api menjadi merah, ini juga perlu diperhatikan. Lagi lagi penyebabnya karena banyakya kerak yang menumpuk pada tungku dan pembakar. Sepertinya dari kebanyakan masalah yang terjadi akibat dari kurangnya menjaga kebersihan.

Untuk solusinya adalah dengan rutin membersihkannya. Banyak metode yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak kerak yang menempel pada tungku. Anda bisa menggunakan dengan cuka atau baking soda. Hal ini bisa dilakukan ketika anda memiliki waktu luang untuk membersihkan. Setidaknya anda melakukan seminggu sekali, namun agar lebih ringan anda bisa melakukannya setelah memasak, cukup mengelapnya saja. sehingga settidaknya hanya sedikit sisa minyak yang menempel karena jika dipikir pikir penyebab api tidak menyala ataupun api menyala kecil dikarenakan banyaknya kerak yang menyumbat keluarnya api. Maka kebersihan menjadi poin penting agar kompor gas anda tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *